Selamat Datang di Jamsostek Kantor Cabang Pangkalpinang, Negeri Laskar Pelangi

Profil Kakacab Pangkalpinang

>> Selasa, 13 Januari 2009


Lindungi dan Layani Pekerja dengan Optimal


Ramah, murah, senyum namun berwibawa. Demikian kesan yang terpancar tatkala kita bertemu Kakacab Jamsostek Pangkalpinang, Muhammad Akip. Pria kelahiran Palembang ini kini mesti kerja keras membesarkan PT. Jamsostek yang notabene perusahaan negara yang mengurusi soal tenaga kerja. Menurut Akip, yang kini tinggal di jalan Abdul Hamid Pangkalpinang, berharap agar semua perusahaan yang ada di Babel terdaftar sebagai peserta Jamsostek. Karena sesungguhnya setiap perusahaan yang tidak ikut program Jamsostek akan rugi. Lebih jauh diharapakan, PT. Jamsostek akan bertekad dan berupaya meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam mengurus kepentingan perusahaan dan tenaga kerja. Bagi tenaga kerja, mereka akan lebih tenang, aman dan produktif dalam bekerja sesuai dengan motto yang dimiliki PT. Jamsostek, yakni melindungi pekerja dan mitra pengusaha.
Selanjutnya, dijelaskan pria yang menamatkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia Jakarta jurusan Ilmu Administrasi Kekhususan Program Bisnis ini,
PT. Jamsostek ingin memberikan pelayanan yang optimla bagi seluruh pesertanya. Untuk itu perusahaan kini sudah online di seluruh Indonesia termasuk PT. Jamsostek Pangkalpinang. "Dengan demikian urusan klaim peserta Jamsostek akan lebih mudah dilakukan, cepat, bisa ditunggu, dan bisa dilakukan dimana saja", papar Akip. Kemudian diungkapkan bapak dari Alyani Khairunnisa dan Amri Khairidin ini, "ditengah kesibukan para pengusaha yang sulit mendapatkan waktu untuk mencari informasi mengenai perkembangan PT. Jamsostek, dapat melihat di website PT. Jamsostek www. jamsostek.co.id maupun media massa. oleh karena itu, pihak Jamsostek mulai saat ini dan setrusnya senantiasa akan menyampaikan onformasi kepada para pengusaha maupun tenaga kerja bila terdapat perubahan maupun kebijakan manajemen dalam penyelenggaraan program Jamsostek atau hal-hal lain yang kiranya sangat bermanfaat bagi perusahaan, peserta, dan tenaga kerja". PT. Jamsostek (Persero) telah menerbitkan berbagai kebijakan dan informasi penting, yang antara lain adalah :
  1. Telah terbit Peraturan Pemerintah Nomor 76 tahun 2007 tentang peningkatan Manfaat berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK).
  2. Pada tanggal 1 Mei 2008, PT. Jamsostek (Persero) memberikan insentif sebesar 2,1% diluar bunga yang telah diberikan sebesar 9,5%/pa dari saldo akhir JHT tahun 2007, kepada setiap tenaga kerja peserta yang memiliki akun jaminan hari tua (JHT). Insentif tersebut merupakan hasil pengembangan dana yang dikelola.
  3. Hasil pengelolaan dana Jamsostek sebesar-besarnya akan dikembalikan kepada peserta sejak tahun buku 2007. Pemerintah sebagai pemegang saham mengembalikan hak dividen kepada peserta atau dengan kata lain "No Deviden".
Kendati kesibukannya begitu padat, tak membuat Bapak yang pernah menjabat sebagai Kabid Pemasaran PT. Jamsostek Cabang Gambir pada tahun 2005 sampai Februari 2008 ini lupa akan keluarga. Sesibuk apapun, Beliau selalu mendapat dukungan dari sang istri tercinta. "Saya bersyukur, isteri saya bisa mengerti tentang kesibukan saya selama bekerja. Ia selalu mendukung penuh karena istri saya sebagai ibu rumah tangga. Jadi ia bisa memahami posisi saya sebagai pimpinan Jamsostek kantor cabang Pangkalpinang yang begitu padat dengan kesibukan kerja."

Data Pribadi Kakacab Pangkalpinang

Nama Lengkap:
Muhammad Akip, SE., M. Si

Tempat/Tanggal Lahir :
Gunung Batu/ 14 November 1966

Alamat Kantor :
PT. Jamsostek (Persero) Cabang Pangkalpinang
Jl. Jend. Sudirman No. 9
Pangkalpinang

Alamat Tempat Tinggal :
Jl. Abdul Hamid No. 207 Pangkalpinang


Status/Jumlah Anak:
Kawin/2 Anak

Sumber : Pangkalpinang Pos, Edisi 38, Minggu I, Desember 2008

0 komentar:

Slide Kunjungan Bapak Dirut PT. Jamsostek (Persero)