Selamat Datang di Jamsostek Kantor Cabang Pangkalpinang, Negeri Laskar Pelangi

Jamsostek Siap Akuisisi Bukopin, Akuisisi diharapkan rampung pada semester I tahun 2010

>> Selasa, 16 Maret 2010

12/03/2010
Jamsostek Siap Akuisisi Bukopin, Akuisisi diharapkan rampung pada semester I tahun 2010
Jakarta, Jurnal Nasional -
PT Jamsostek (Persero) berencana mengakuisisi PT Bank Bukopin Syariah. Rencana ini merupakan lompatan bisnis dari Jamsostek setelah sebelumnya diberitakan bahwa Jamsostek berminat mengakuisisi Bank Bukopin Syariah.
"Kan ada perkembangan, daripada dapat anaknya tapi induknya kuga ada kemungkinan, ya udah dapetin induknya saja," kata Direktur Utama (Dirut), Hotbonar Sinaga ketika ditemui di kantornya di Bilangan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (11/3).
Namun sayang, Hotbonar enggan menyebut jumlah saham yang diincar. Pihaknya sudah menyiapkan dana sekitar Rp. 400 Miliar untuk rencana akuisisi ini. Hotbonar mengatakan saat ini pihaknya tengah mengadakan kajian yang sebentar lagi rampung pada semester I tahun 2010. Namun demikian, Hotbonar mengatakan pihaknya tidak akan masuk menjadi pemegang saham mayorotas," ujarnya.
Jamsostek berharap akuisisi ini dapat memberi nilai tambah bagi kedua belah pihak. Bagi Jamsostek sendiri, tujuan utamanya adalah untuk memberi nilai tambah bagi peserta Jmasostek. "Sepanjang Bukopin itu bisa sejalan denga kami dalam hal mekanisme opersionalnya, nanti ada semacam sinergi antara kami dengan Bukopin. Yang jelas, tujuan kami adalah, untuk memberikan nilai tambah untu peserta Jmasostek," ujar dia.
Hotbonar mengaku selain pihaknya, banya pihak lain yang juga mengincar Bukopin. Namun, pihaknya tetap optimis dapat melaksanakan rencana akuisisi tersebut, "Banyak yang lain yang mau masuk Bukopin, ada juga dari pihak asing. Daripada asing yang masuk lebih baik salah satu perusahaan pemerintah yang masuk, yang bisa bermanfaat juga buat Bukopinnya," kata dia.
Di pihak lain, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar mengatakan pihaknya mendukung rencana akuisisi Jamsostek tersebut meski belum ada keputusan resmi, selain itu, Mustafa juga mendukung rencana akuisis PT Bank Agroniaga TBK oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kedua diharapkan bisa rampung dalam semester I tahun ini."Secara formal belum, tapi pembicaraan secara informal sudah, baik BRI maupun Jamsostek. Kami mendukung dua-duanya," kata Mustafa ketika ditemui di kantornya di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (11/3).
Akuisisi Bank Agro dimaksudkan agar BRI lebih focus dalam menyalurkan kredit ke sektor pertanian. Setelah akuisisi diharapkan porsi penyaluran kredit ke sektor pertanian bisa diperbesar yang ditangani langsung Bank Agro. "Dengan ada Bank Agro ini kredit pertanian bisa dipenuhi oleh Bank Agro sebagai organ BRI," katanya.
(Vega Aulia Pradipta)

0 komentar:

Slide Kunjungan Bapak Dirut PT. Jamsostek (Persero)